Tuesday, March 3, 2020

Contoh Soal Essay PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-4

Melanjutkan Contoh Soal Essay PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban bagian ketiga (soal nomor 36-55), soal essai/uraian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bagian keempat dimulai dari soal nomor 56.

56. Dalam negara demokrasi, rakyat mempunyai kebebasan untuk melakukan semua aktivitas kehidupan termasuk aktivitas politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Mengapa demikian?
Jawaban:
Rakyat mempunyai kebebasan untuk melakukan semua aktivitas kehidupan termasuk aktivitas politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun, Karena pada hakikatnya yang berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama.

57. Apakah yang dimaksud cita-cita kerakyatan dalam demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Cita-cita kerakyatan, yaitu bentuk penghormatan kepada rakyat Indonesia dengan memberi kesempatan kepada rakyat Indonesia untuk berperan atau terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah.

58. Sebutkan dua asas demokrasi Pancasila dalam sistem demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Dalam sistem demokrasi pancasila, terdapat dua asas antara lain sebagai berikut:
a. Asas kerakyatan: Pengertian asas kerakyatan adalah asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat, manunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat, serta memiliki jiwa kerakyatan atau menghayati kesadaran senasib dan secita-cita dengan rakyat.
b. Asas nusyawarah: Pengertian asas musyawarah adalah asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui forum permusyawaratan untuk menyatukan pendapat serta mencapai kesepakatan bersama atas kasih sayang, pengorbanan untuk kebahagiaan bersama.

59. Bagaimanakah sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis?
Jawaban:
Sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis apabila di dalam pemerintahan tersebut rakyat memilih persamaan di depan hukum, memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, dan memperoleh pendapatan yang layak karena terjadi distribusi pendapatan yang adil, serta memiliki kebebasan yang bertanggung jawab

60. Sebutkan dua contoh sikap positif warga negara dalam demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Sikap positif warga negara dalam Demokrasi Pancasila antara lain sebagai berikut.
a. Turut mendukung dan berpartisipasi dalam usaha penataan kehidupan politik yang diarahkan pada menumbuhkembangkan tatanan politik berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
b. ikut meningkatkan kesadaran dan peran serta politik masyarakat, termasuk upaya pemantapan keyakinan rakyat terhadap Pancasila sebagai asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

61. Bagaimanakah demokrasi yang dikehendaki oleh Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945?
Jawaban:
Demokrasi menurut Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 menghendaki diberlakukannya sistem pengadilan yang merdeka (independen) yang memberi peluang seluas-luasnya kepada semua pihak yang berkepentingan untuk mencaridan menemukan hukum yang seadil-adilnya.

62. Jelaskan pengertian demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Demokrasi pancasila merupakan suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangs Indonesia yang digali dari kepribadian bangs Indonesia sendiri, yaitu pancasila.

 63. Sebutkan isi dan Dekrit Presiden 5 Juli 1959!
Jawaban:
a. pembubaran konstituante
b. Pemberlakuan kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950
c. pembentukan MPRS dan DPAS dalam waktu yang sesingkat-singkatnya

64. Apakah maksud demokrasi Pancasila merupakan pelembagaan dari kebebasan?
Jawaban:
Demokrasi adalah pelembagaan dari kebebasan maksudnya kebebasan yang dimiliki rakyat diatur dan diarahkan oleh sebuah lembaga kekuasaan yang sumber kekuasaannya berasal dari rakyat dan dijalankan sendiri oleh rakyat, sehingga kebebasan yang mereka miliki dapat dilaksanakan secara bertanggung jawab dan tidak melanggar kebebasan yang dimiliki orang lain.

65. Tulislah definisi demokrasi Pancasila menurut Prof. Dr. Drs. Notonegoro!
Jawaban:
Menurut Prof. Drs. Notonegoro, S.H., Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilanyang berketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

66. Sebutkan beberapa prinsip dalam demokrasi menurut Lyman Tower Sargent!
Jawaban:
Lyman Tower Sargent berpendapat ada beberapa prinsip secara umum dianggap penting dalam demokrasi, yaitu sebagai berikut.
a. ketertiban warga negara dalam pembuatan keputusan politik
b. tingkat persamaan tertentu di antara warga negara
c. tingkat kebebasan atau kemerdekaan tertentu yang diakui dan dipakai oleh warga negara
d. suatu sistem perwakilan
e. suatu sistem pemilihan kekuasaan mayoritas

67. Tuliskan tiga kendala dalam menciptakan kehidupan demokrasi di Indonesia!
Jawaban:
Pelaksanaan demokrasi pancasila tidak berjalan mulus, tetapi harus menghadapi berbagai kendala antara lain sebagai berikut:
a. masih kurangnya pengembangan demokrasi politik, demokrasi ekonomi.
b. ada gejala demokrasi mengarah kepada demokrasi liberal, bahkan demokrasi terbukti sering terjadinya demonstrasi yang brutal, asnarkhis, dan tiranis.
c. ciri kemajemukan masyarakat bangsa Indonesia memberi peluang luas terhadap terjadinya disintegrasi (perpecahan). Oleh karena itu, jiwa semangat kesatuan dan persatuan harus terus menerus dibina dan diperjuangkan.
d. kendala budaya feodalistik yang menyulitkan diberlakukannya prinsip negara hukum. Persamaan warga negara dalam hukum dan pengadilan masih sulit diwujudkan. Di samping itu budaya feodalistik melahirkan budaya ewuh pakewuh, bapakisme, patrimonialisme, kharismatik, asal bapak senang, yes men, sehingga sering control sosial politik masyarakat tidak jalan.

68. Apakah yang dimaksud cita-cita permusyawaratan dalam Demokrasi Pancasila?
Jawaban:
Cita-cita permusyawaratan, yaitu keinginan untuk mewujudkan negara persatuan yang dapat mengatasi paham perseorangan atau golongan.

69. Sebutkan dua contoh pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965!
Jawaban:
Berikut pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965.
a. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan kabinet kerja
b. pembentukan MPR sementara dengan penetapan presiden No. 2 Tahun 1959, yang berisi keanggotaan MPRS terdiri dari 583 anggota DPR ditambah dengan utusan-utusan daerah dan 200 wakil-wakil golongan.

70. Berikan contoh penerapan sikap demokratis dalam keluarga!
Jawaban:
Contoh penerapan sikap demokratis dalam keluarga adalah sebagai berikut:
a. saling menghargai pendapat satu sama lain.
b. saling menghormati dan menyayangi satu sama lain.
c. mendiskusikan permasalahan yang terjadi dalam keluarga.
d. saling berbagi peran dalam keluarga.

Lanjut ke soal Penilain Tengah Semester => Contoh Soal UTS PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban

Atau.....

Lanjut ke soal nomor71-90  maeri setelah UTS => Contoh Soal Essay PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-5


 
close